Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Kabupaten Tegal      Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     Kabupaten Bener Meriah     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 09 Aug 2022, 12:23
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com

TANAH DATAR

Rabu, 3 Agustus 2022

Tapal Batas Antara Kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten Solok ditinjau Kembali Ucap Bupati Eka Putra Dalam Sidang Paripurna

Tanah Datar. Suara Riau pos.com.

     Bupati Eka Putra menginformasikan Dalam Sidang Paripurna tanggal 3 Agustus 2022 Di Ruangan Sidang DPRD Tanah Datar , mengenai proses penyelesaian tapal batas antara kabupaten Tanah Datar dengan kabupaten Solok.

 

     Pemda, DPRD dan tim penegasan batas daerah kabupaten Tanah Datar telah melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI terkait dengan peninjauan kembali berita acara kesepakatan batas daerah di dua kabupaten yang bertetanggaan itu.

 

     Harapan kita untuk peninjauan kembali telah direspon oleh pihak Kemendagri RI yang akan Meninjau ulang batas antara nagari Simawang, kecamatan Rambatan, kabupaten Tanah Datar dengan nagari Bukik Kanduang, kecamatan X Koto Diateh, kabupaten Solok.

 

     Semoga, apa yang kita harapkan dapat dipenuhi oleh Kemendagri RI,” ujar Bupati Eka Putra.

      Informasi ini Di sampaikan Oleh Bupati Eka Putra, Ketika Penandatanganan Kesepakatan Nota KUA Dan PPAS. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023.

      Pada Hari Rabu Tanggal 3 Agustus 2023 Di Ruangan Sidang DPRD Kabupaten Tanah Datar.

      Ketika itu Sidang paripurna dipimpim oleh Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, SE. Dt. Bungsu, yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, SP , Anton Yondra, SE.MM.

     Hadir Pada Acara ini Bapak Damdim, Bapak Kapolres, Kejari, Ketua Penggadilan Agama, Unsur Daerah Dan SKPD Serta Rekan Rekan Wartawan Dari Berbagai Media. ( Sarpos.com/0017)


Read More
Jum'at, 22 Juli 2022

Laksanakan Kegiatan Wilayah,BABINSA KORAMIL 05/X KOTO - KODIM 0307/TD Latih Santri PIDM Disiplin,Patriotisme dan Cinta Tanah Air

PANYALAIAN - TANAH DATAR Suarariaupos.com

  Kehadiran Anggota TNI dari KORAMIL 05/X KOTO-KODIM 0307/TD di Pesantren DAARUL MUWAHHIDIIN atau yang dikenal dengan PIDM {Perguruan Islam DAARUL MUWAHHIDIIN} Melatih PBB para Santri/Santriwati Pada Hari Jum'at 22/07/2022 yang di sambut baik dan semangat oleh para Santri/Santriwati terutama para Santri/Santriwati yang baru masuk yaitu Kelas VII dan Kelas X.


Read More
Jum'at, 15 Juli 2022

Agin segar hakir Bulan Juli Di Tanah Datar. 2000 Ekor Ternak Dan 2000 Hektar Padi Mendapat Asuransi Tampa Bayar Premi.

Tanah Datar. Suara Riau Pos.com.

     Luar Biasa 10 Program Unggulan Tanah Datar. 4 Diantaranya Bidang Pertanian, Bajak Gratis, asuransi Ternak sapi dan Kerbau, Asuransi Padi dan Meningkatkan Kuota Pupuk Bersubsidi. Semua Progul Ini Dapat Dikatakan Program Yang Promasyarakat Kususnya Peternak dan Petani.

 

     Jumat Tanggal 15 juli 2022 Bupati Eka Putra Luncurkan Program, Untuk Menguranggi Cost Operasional Petani dan Peternak. Hingga Petani dan Perternak Bisa Hidup Sejahtera ucapnya.

 

     Salah Satu alasan program ini diluncurkan . Ucap Bupati Eka Putra. Ketika pada Saat Kami Mencalonkan Diri Sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bersama Pak Richi Aprian.

 

     Ada yang Menyampaikan. Saat Tanam Biaya Mahal. Ketika Panen Harga Relatif Murah. Salah satu solusi Kita Luncurkan Progran ini Ucap Bupati.

 

     Ketika pemasangan Eartag secara simbolis Program Asuransi Sapi/ kerbau di jorong Lingkuang Kawek, Nagari Tanjuang Barulak , Kecamatan Tanjung Emas.

 

     Ia Katakan Mudah-mudahan dengan adanya program asuransi ternak ujar Bupati Eka Putra, bisa membantu , sehingga peternak nyaman. "Kita tidak menginginkan ada musibah sehingga masyarakat mengalami kerugian, jadi dengan adanya asuransi ini kalau terjadi sesuatu dengan sapi/kerbau. seperti hilang atau mati akan diganti.

 

     Satu ekor akan diganti dengan satu ekor," jelas Eka Putra.

 

     Bupati juga katakan, saat ini selain asuransi ternak juga ada asuransi padi. "Caranya saat mulai membajak sawah,  petani sudah harus mendaftarkan untuk diasuransikan.

 

     Perlu diketahui bersama untuk asuransi baik ternak maupun padi , petani tidak dikenakan biaya premi. semuanya gratis. karena polisnya sudah disubsidi oleh pemda bekerjasama dengan pemerintah pusat," terang Eka Putra.

 

     Khusus asuransi padi pada tahun 2022 ini targetnya seluas 2000 hektar. maksimal satu orang boleh mengajukan asuransi 2 hektare. "Mudah-mudahan dengan adanya program ini bisa dinikmati oleh masyarakat petani kita, mulai dari program bajak gratis, asuransi ternak, dan juga asuransi padi. Sehingga petani kita akan lebih sejahtera.

 

     Untuk itu mohon dukungan kepada seluruh masyarakat. Silahkan program yang sudah diluncurkan oleh pemda Tanah Datar ini dimanfaatkan," ujar Bupati.

 

     Selain itu, Bupati juga berharap "Kalau ekonomi sudah membaik tentu daya belinya akan meningkat, sehingga nyambung dengan UMKM kita," pungkas Eka Putra.

 

     Sementara Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani menyampaikan untuk program asuransi ternak sapi/kerbau (AUTS) pada tahun 2022 ini pemda Tanah Datar menargetkan sebanyak 2000 ekor.

 

     Untuk mencapai target tersebut beberapa langkah sudah dilaksanakan, diantaranya melakukan sosialisasi dan turun langsung ke lapangan.

    "Target kami pada akhir bulan juli ini program asuransi ternak sebanyak 2000 ekor dan asuransi padi seluas 2000 hektare pada akhir bulan Juli bisa tercapai.

     Kami mengharapkan tidak sampai pada bulan Agustus baru selesai," kata Sri Mulyani.

     Menurut Sri Mulyani, untuk mencapai target yang sudah ditetapkan pihaknya saat ini sudah mengundang pihak Jasindo untuk memberikan sosialisasi dalam rangka menyamakan persepsi dan juga percepatan kegiatan.

     "Sampai hari ini kami tidak menemukan kendala sama sekali, semuanya berjalan dengan baik. Kami sudah menunjuk admin untuk mengimput data-data,

      saat ini data sudah diturunkan ke kecamatan-kecamatan dan kita tinggal input saja," terang Sri Mulyani.

     Sri Mulyani juga sampaikan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan program, baik AUTP ataupun AUTS harus tergabung dulu ke dalam kelompok tani.

    Dan khusus untuk program AUTS syarat lainnya , Ternak sapi/kerbau harus betina, dan maksimal satu orang bisa mendaftarkan ternaknya maksimal 15 ekor.

   

     Tampak hadir pada kegiatan ini Camat Tanjung Emas beserta jajarannya, Kabag Prokopim, jajaran dinas pertanian, Wali Nagari Tanjung Barulak, Ketua dan anggota kelompok tani dan undangan lainnya. (Media Sarpos/0017)


Read More
Kamis, 14 Juli 2022

Nagari Tanjuang Barulak dan Koto Tanggah Kec. Tanjung Emas selama 7 Bulan Jadi Lokus Pendidikan ,Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.

 Batusangkar, - Suara Riau Pos.com. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menyambut baik kunjungan balasan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta.

     Kunjungan ini langsung dipimpin Rektor Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, Pada Hari Kamis (14/7/2022) di aula eksekutif kantor Bupati. Sebagai tindak lanjut. komitmen bersama atau MoU pada 2 Juni kemarin di "Jakarta"

     Kami ucapkan Selamat datang Di Tanah Datar. Kami sangat senang Atas Kunjungan Pak Rektor dan Rombongan. Ucap Bupati Eka Putra.

     MoU tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. diharapkan memberi dampak signifikan kepada masyarakat Tanah Datar.

     "UHAMKA "salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki banyak Reka Cipta Teknologi dan Ilmu Pengetahuan pada berbagai sektor,

     sehingga MoU ini sangat kami syukuri . menjadikan Tanah Datar Lokasi Fokus (Lokus) pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," sampai Bupati

    UHAMKA telah melaksanakan riset ,tentang Implementasi dan hilirisasi teknologi penyulingan minyak Atsiri , berbasis teknologi Ultrasonik, Guna meningkatkan rendemen, kualitas dan nilai tambah minyak.

     "Riset minyak Atsiri telah dikembangkan di Nagari Tanjung Barulak dan Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas selama 7 bulan .

     Telah menunjukkan hasil yang positif, sehingga ke depan kontinuitas produksi dan pemasaran produk berjalan lancar sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," Ucap Bupati.

     Bupati berharap Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu daerah terdepan dalam memproduksi minyak Atsiri. Memiliki nilai jual tinggi. dimanfaatkan untuk aromaterapi mengatasi stress dan kecemasan.

     Bahan baku minyak Atsiri seperti jeruk purut, jahe, kulit manis, nilam, sereh wangi dan beberapa bahan lainnya, yang Ada Di Tanah Datar.

     Mampu menjadi salah satu daerah terdepan yang memproduksi minyak ini," Ucap Bupati.

    " Bupati Eka Putra berharap ". kerjasama Ini tidak hanya dalam penerapan teknologi tepat guna di sektor pertanian tapi juga sektor lainnya.

     "Saya berharap ada teknologi tepat guna lain yang bisa dilaksanakan di Tanah Datar, seperti penanggulangan masalah sampah, kesehatan, industri, digitalisasi pemasaran, pariwisata dan lainnya," tukas Bupati Eka Putra.

     Sementara itu Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro mengatakan, ia bersama beberapa dosen UHAMKA akan terus mengawal MoU terutama terhadap pengembangan Minyak Atsiri di Tanah Datar.

     "Terima kasih atas sambutan yang luar biasa Pak Bupati yang menghadirkan kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Wali Nagari dan organisasi Muhammadiyah.

     ni menjadi kebanggaan bagi kami, dan tentunya menambah semangat dan motivasi untuk terus melaksanakan riset di Tanah Datar," katanya.

     Setelah pelaksanaan pengembangan minyak Atsiri, Tanah Datar sangat potensial untuk terus dikembangkan. "Insya Allah, melalui Wakil Rektor ataupun dosen membidangi, pengembangan minyak ini akan dikawal, sehingga benar-benar memberi dampak positif kepada masyarakat," Jelasnya..

     Kegiatan ini turut dihadiri Asisten I Elizar, Plt. Kadis Pertanian dan beberapa OPD terkait di Lingkungan Pemkab Tanah Datar .

     Penyerahan secara simbolis bantuan mesin pencacah bahan baku, dari UHAMKA kepada Bupati Tanah Datar. (Sarpos/0017)


Read More
Senin, 11 Juli 2022

Pesantren DAARUL MUWAHHIDIIN Qurban Lima ekor Sapi dan Se ekor Kambing

PANYALAIAN-TANAH DATAR|Suarariaupos.com

Hari Raya 'Idul Adha 1443 H/2022 M memiliki makna tersendiri bagi Panitia Qurban di Perguruan Islam DAARUL MUWAHHIDIIN {PIDM} atau yang dikenal dengan Pesantren DAARUL MUWAHHIDIIN yang berlokasi di Kenagarian Panyalaian-Kabupaten Tanah Datar di KM 4 Padang Panjang 


Read More
Rabu, 6 Juli 2022

SANDIAGA UNO Ingatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Meningkatkan Objek Wisata dalam Kunjungannya ke NAGARI TUO PARIANGAN

Tanah Datar-Sumbar Suarariaupos.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif {MENPAREKRA} RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata yaitu Nagari Tuo Pariangan di Luhak Nan Tuo Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sekaligus penandatanganan Prasasti Anugerah Desa Wisata Indonesia {ADWI} Rabu 6 Juli 2022 M


Read More
Senin, 4 Juli 2022

GOW bersama Emersia Group dan PP IKRAR Gelar Sunatan Massal

[Batusangkar|Tanah Datar] Suara Riau Pos.Com.

Sebanyak 250 orang anak mengikuti sunatan massal yang digagas oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW)Tanah Datar,Emersia Hotel Group dan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Rao-Rao(PP-IKRAR) yang digelar di Aula Kantor Camat Lima Kaum, Hari Ahad 3 Juli 2022


Read More
Kamis, 9 Juni 2022

DPRD Kabupaten Tanah Datar Menetapkan 16 Peraturan Daerah Pada Hari Kamis Tanggal 9 Juni 2022. Dalam Acara Rapat Paripurna Di Batusangkar.

Pariwara DPRD

Tanah Datar, suarariaupos.com Hari Kamis tanggal 9 Juni 2022. Pemerintah Kabupaten Tanah datar Melangsanakan Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kab Tanah Datar. guna Menetabkan 16 Peraturan daerah.


Read More
Senin, 18 April 2022

Perguran Silat Taduang Bangkeh Pimpinan Mustafa Akmal DT.Sidi Ali Ikuti kejuaraan pencak silat tangan mas open champion di lubuk basung kabupaten agam tgl 13 s/d 16 Mai 2022.

Tanahdatar - suarariaupos.com | Ketua Presiden Silat Minang David Suhu Datuk Rajo alam mendukung program perguruan silat taduang bangkeh Batipuh , yang berpusat jorong ladang laweh Nagari Batipuah Baruah kecamatan batipuh .


Read More
Jum'at, 8 April 2022

Pengelolaan Arsip Secara Baik, Bisa Wujudkan Tata Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratif dan Terpercaya

Tanah Datar - suarariaupos.com | Pengelolaan arsip secara baik dapat mewujudkan tata pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan tepercaya. Arsip memiliki nilai penting ,merupakan bahan bukti sah dimata hukum jika Terjadi permasalahan.

 

 


Read More

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com