INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bogor / Depok     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Padang Panjang     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur   
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 17 Jul 2019, 23:57
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Kabupaten Tegal

Harsiarnas 2019, Umi: Lembaga Penyiaran Harus Jadi Tuntunan Masyarakat

Selasa, 18 Juni 2019

Kabupaten Tegal (Slawi) - suarariaupos.com

"Pada acara peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) Tingkat Jawa Tengah tahun 2019, Bupati Tegal, Umi Azizah menjelaskan pentingnya lembaga penyiaran di era disrupsi sekarang ini.

Begitupun dengan etika penyiaran, Umi menuturkan bahwa lembaga penyiaran tidak hanya menjadi tontonan, tetapi juga harus menjadi tuntunan untuk masyarakat.

"Lembaga penyiaran harus hindari s-empat, yaitu sara, saru, sadis dan serem. Karena hal tersebut dapat menimbulkan kegaduhan," ujar Umi, di Halaman Rumah Alm. Bapak Slamet Gundono, Dukuhsalam, Senin (17/6) malam.

Di era disrupsi, yang ditandai dengan perubahan digital offline ke online ini menjadikan orang nomor satu di Kabupaten Tegal itu, mengajak seluruh lembaga penyiaran di Kabupaten Tegal untuk membangun sistem penyiaran publik yang bertanggung jawab.

Salah satunya, menghindari penyiaran publik yang menyebarkan ujaran kebencian maupun hoax. Sebab, lanjut Umi, berita bohong tersebut hanya akan menimbulkan perpecahan.

Untuk itu, dalam rangka Harsiarnas ke 86 ini, Umi menitip pesan kepada lembaga penyiaran untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Lembaga penyiaran harus mampu melakukan reposisi, memerankan dirinya secara baik. Diantaranya, lembaga penyiaran harus mampu berperan menjadi pendidik masyarakat atau melakukan peran edukasi," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Jateng, Ratna Dewajati mengungkapkan bahwa di era globalisasi saat ini, tuntutan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan benar menjadi sangat mendesak.

Oleh karena itu, Ratna berharap pada peringatan Harsiarnas ini, dapat menjadi langkah awal mencegah maraknya siaran-siaran yang tidak mendidik, yang dapat merusak moral bangsa, terutama dalam mengawal kearifan lokal.

"Kepada masyarakat Kabupaten Tegal, saya titip untuk lebih cerdas dalam memilih dan memilah tontonan atau konten yang sehat, khususnya pada anak-anak. Jangan terpengaruh berita palsu atau hoax yang justru merugikan diri sendiri, bangsa dan negara kita. Mari jaga kondusifitas Jawa Tengah. Saring informasi yang diperoleh sebelum men-sharing kepada yang lain," pesan Ratna.

Pada acara Harsiarnas ini juga diadakan pertunjukan kolosal yang mengangkat tema tentang pentingnya lembaga penyiaran pada era disrupsi dan pemutaran film, seperti film undar maupun turah.

(Hartadi Setiawan)

Terkait

IKLAN

Jum'at, 21 Juni 2019
JEFRI TRAVEL Duri - Riau
Jum'at, 31 Mei 2019
Turut Berduka cita
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com